Tips Berlibur Di Pantai Agar Berkesan dan Menyenangkan

Pantai adalah salah satu tempat liburan yang menjadi favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Apalagi negara kita ini merupakan negara dengan luas yang dua pertiganya berupa lautan. Artikel tips berlibur di pantai agar berkesan dan menyenangkan ini akan menyampaikan hal-hal apa saja yang mesti Anda persiapkan ketika ingin berlibur ke pantai.

Negara Indonesia dengan luas dominan berupa lautan, menjadi surga wisata dengan banyak sekali pantai-pantai yang begitu indah dan eksotis untuk dikunjungi. Sehingga tak heran bila pantai-pantai yang ada ini banyak diminati wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan saat berlibur ke pantai, seperti diving, snorkeling, surfing, bermain pasir atau bahkan hanya sekedar berjemur. Beberapa pantai yang memiliki gugusan ombak menantang ramai dikunjungi oleh wisatawan muda yang gemar olah raga ekstrim seperti surfing, tak jarang kita pun dapat menjumpainya saat di bandara yaitu ditandai saat turis asing yang tiba di bandara kedatangan dengan membawa papan selancar.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Top di Indonesia yang Mendunia

Liburan pasti akan membuat hati senang. Liburan juga memerlukan kiat khusus supaya semakin menyenangkan dan Anda tidak merasa bosan.

Nah, supaya liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan, maka tips berlibur di pantai ini patut untuk Anda simak, selain tentunya Anda juga perlu untuk membaca artikel bagaimana tips membuat perjalanan yang nyaman. Penasaran ingin tahu seperti apa liburan yang asik itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

5 Tips Berlibur Di Pantai

Dibawah ini ada 5 tips liburan saat Anda memilih destinasi wisata pantai sebagai tempat pilihan liburan Anda. Diantaranya adalah:

1. Jangan Lupa Membawa Topi dan Gunakan Sunblock

Saat yang paling seru liburan ke pantai yaitu saat musim panas. Panas dan juga pantai sepertinya telah menjadi dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Oleh karenanya, Anda jangan sampai lupa membawa topi yang dapat melindungi wajah dari terik sinar matahari.

Selain itu, karena di pantai matahari bersinar sangat terik, Anda harus menggunakan sunblock dengan SPF tinggi. Hal ini agar kulit Anda tidak terbakar dan selalu terlindungi, terlebih lagi di saat cuaca terik. Tentu Anda tidak ingin jika kulit Anda nantinya terlihat belang-belang saat pulang dari berlibur di pantai.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Hits di Bali yang Unik dan Instagramable

2. Membawa Kaca Mata Hitam

Teriknya matahari di pantai dapat menghalangi pandangan ketika Anda melakukan aktivitas di pantai. Disamping itu, sinar ultraviolet juga sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Jadi dengan menggunakan kaca mata hitam atau sunglasses di pantai sangatlah dibutuhkan.

Dan sudah barang tentu dengan menggunakan kaca mata akan menunjang penampilan Anda agar terlihat semakin keren.

Selain untuk menambah style fashion Anda, kaca mata hitam juga bisa menghalau silau yang bisa mengganggu aktivitas Anda di pantai. Jadi jangan sampai lupa membawa kaca mata hitam saat anda berlibur di pantai.

3. Bawa Baju Ganti dan Perlengkapan Mandi

Saat liburan di pantai tentu ada hal yang tidak ingin Anda lewatkan untuk memanfaatkan kesempatan bermain air atau berenang di tepi pantai. Tetapi apa jadinya bila Anda tidak membawa baju ganti?

Apakah Anda ingin pulang dengan baju basah? Bisa jadi setelah liburan di pantai justru Anda  akan jatuh sakit. Jadi jangan sampai lupa untuk membawa baju ganti dan juga perlengkapan untuk mandi.

Baca juga: 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perjalanan Pertama Kali Anda Ke Luar Negeri

4. Jangan Sampai Anda Salah Kostum

Jika Anda ingin berlibur ke pantai jangan sampai Anda memakai baju yang memiliki bahan tebal atau baju dengan warna hitam, karena itu bisa membuat Anda kepanasan. Anda cukup menggunakan pakaian yang berbahan tipis dan juga ringan, namun tetap dapat membantu Anda untuk tampil gaya.

Pilihan menggunakan celana pendek dengan kaos tipis bagi pria atau pilihan memakai bikini bagi wanita adalah yang memang umum dijumpai di pantai, terlebih di pantai-pantai di pulau dewata Bali.

5. Abadikan Momen Liburan Dengan Kamera

tips berlibur di pantai

Tips berlibur di pantai yang selanjutnya adalah jangan lupa membawa kamera. Sepertinya item ini merupakan hal yang tidak akan pernah ketinggalan dibawa ketika Anda liburan ke mana pun.

Kamera penting sekali untuk mengabadikan momen seru dan mengesankan saat Anda berlibur di pantai, baik upwater maupun underwater. Bila Anda saat ini tidak memiliki kamera underwater, maka Anda tidak perlu berkecil hati dan putus asa, sebab Anda bisa menggunakan waterproof case bagi smartphone Anda.

Sehingga Anda tetap bisa mengabadikan foto underwater dengan kamera handphone. Namun, jika Anda mempunyai drone, itu tentu lebih baik dan bisa menambah keseruan dari sisi dokumentasi karena kemampuannya untuk mengabadikan keindahan pantai dari ketinggian.

Baca juga: Tips Traveling Murah ke Korea Tanpa Ikut Paket Tour Wisata

Itulah beberapa tips yang perlu Anda persiapkan saat memilih pantai sebagai lokasi liburan Anda. Banyak orang meyakini, liburan akan mengurangi tingkat kepenatan atau tingkat stress masyarakat kota yang tiap hari selain bergelut dengan pekerjaan juga bergelut dengan kemacetan lalu lintas.

Manfaatkan pantai-pantai di seluruh nusantara untuk Anda cicipi secara langsung, sekaligus menjadi duta pariwisata Indonesia untuk Anda kenalkan kepada dunia.

Salam Travel.(ti-id)

Sumber gambar: Swift Money

2 thoughts on “Tips Berlibur Di Pantai Agar Berkesan dan Menyenangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.