Teknik Jitu Memilih Jam Penerbangan Jakarta Bali Pakai Agoda

Saat ini Anda sudah terdaftar sebagai member Agoda, lalu Anda ingin langsung memesan penerbangan pertama Anda dengan tujuan Bali, mudah saja, saya akan berikan caranya sekaligus saya berikan teknik jitu memilih jam penerbangan Jakarta Bali menggunakan OTA Agoda, agar liburan Anda menyenangkan dan mengesankan.

Bila Anda memang benar-benar akan berangkat ke Bali dalam waktu 3 bulan ke depan, katakanlah di bulan Agustus 2020 nanti, mengapa tidak memesannya dari sekarang saja, sambil Anda praktekkan cara ini secara langsung.

Dalam artikel kali ini, saya hanya ingin membahas bagaimana teknik memilih jam penerbangan yang tepat, menggunakan bantuan OTA Agoda, sehingga waktu liburan Anda di Bali akan berjalan efektif dan optimal.

Dan juga, untuk akomodasi seperti hotel dan paket tour, diasumsikan sudah Anda siapkan tersendiri, dimana hotel sudah Anda booking untuk tanggal 1 Agustus 2020 sampai dengan 4 Agustus 2020, dengan paket full day tour Bali, mulai tanggal 2 Agustus hingga tanggal 4 Agustus 2020.

#1. Mencari Jadwal Penerbangan

Langkah pertama, setelah Anda login ke akun Agoda Anda, yaitu mencari jadwal pesawat Jakarta Bali. Caranya dengan memilih Flights –rectangle merah–, lalu pilih Round Trip –rectangle kuning–, karena disini kita mengatur jadwal penerbangan keberangkatan dan kepulangan sekaligus.

Selanjutnya, pada –rectangle hijau–, Anda isikan kolom Flying from dengan Jakarta (CGK) dan Flying to dengan Bali (DPS). Dengan mengisi Round Trip tersebut, maka Anda memastikan tiket pesawat PP Jakarta Bali. Ada keuntungan bila Anda membeli tiket pesawat Jakarta Bali pulang pergi sebelum keberangkatan, yakni jaminan harga yang lebih murah, ketimbang Anda membeli tiket dari Bali ke Jakarta-nya saat sudah di Bali.

Sebagai ilustrasi saja, pada kolom Departure Anda isikan dengan tanggal 1 Agustus 2020, dan Return dengan tanggal 5 Agustus 2020, serta jumlah penumpang sebanyak 4 orang, terdiri dari 2 orang tua, dan 2 orang anak berusia 6 tahun dan 3 tahun.

Angka-angka yang diisikan tersebut, sekali lagi hanya ilustrasi saja, silahkan diisi sesuai kebutuhan Anda, seperti bila Anda hendak pergi berliburnya di akhir tahun.

gambar-flight-roundtrip-agoda

Bila semua sudah terisi berikutnya Anda klik Search Flight agar sistem mulai mencari jadwal penerbangan dari Jakarta ke Bali pulang pergi yang tersedia, termasuk harga tiket pp Jakarta Bali.

#2. Memfilter Jadwal Penerbangan

Saat tombol Search Flight di klik, muncul sebanyak 500 jadwal penerbangan Jakarta Bali yang dilakukan oleh berbagai maskapai pada berbagai jam penerbangan.

Ke-500 jadwal penerbangan tersebut di operatori oleh beberapa maskapai diantaranya, Indonesia AirAsia, Thai Lion Air, Citilink, Sriwajaya Air, Garuda Indonesia. Termasuk bila Anda ingin mengetahui, jadwal penerbangan Garuda Jakarta Bali, dan berapa harga tiket pesawat Garuda Jakarta Bali, atau tentu saja berapa harga tiket pesawat pp Jakarta Bali untuk masing-masing maskapai.

Dari jumlah tersebut, 25 jadwal penerbangan didapati memiliki biaya termurah, yaitu oleh maskapai Indonesia AirAsia dengan harga Rp 1.184.697, sebagai tiket pesawat Jakarta Bali pp termurah.

tarif-penerbangan-termurah-di-agoda

Sedangkan, untuk jadwal penerbangan yang memiliki biaya termahal yaitu maskapai Thai Lion Air yang dioperatori oleh Mandala Air dengan harga sebesar Rp 7.783.107, karena masing-masingnya, baik saat keberangkatan dari Jakarta maupun saat kembali ke Jakarta melakukan transit.

gambar-tarif-penerbangan-termahal-di-agoda

Nah, dari kesemuanya itu, yaitu sebanyak 500 jadwal penerbangan tadi Anda lihat satu persatu, maka Anda tidak akan cukup waktu, alias wating time. Yang perlu Anda lakukan untuk memilih salah satu dari 500 jadwal penerbangan tersebut, yaitu dengan memfilter jadwal penerbangan tersebut, berdasarkan kriteria yang bisa Anda tentukan sendiri, Namun disini kita membahasnya berdasarkan waktu atau jam keberangkatan. 

Pada gambar dibawah, –rectangle hijau–, untuk memudahkan pencarian Anda perlu setting waktunya, terlihat jelas untuk waktu keberangkatan (Departure) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Cengkareng Jakarta, range waktunya dibuat antara jam 05.00 WIB sampai dengan 08.00 WIB, serta waktu keberangkatan (Departure) dari Bandara Internasional Ngura Ra Airpot, Bali antara jam 16.00 WIT sampai dengan 20.00 WIT.

Mengapa pengaturannya seperti itu? Ini penjelasannya.

Pengaturan seperti itu agar Anda mendapatkan waktu yang optimal dan efisien saat di Bali, Jadi pada saat Anda tiba di Bali lebih awal, maka pada hari pertama Anda bisa langsung memanfaatkan destinasi yang ingin Anda tuju, atau biasa disebut dengan Full Day Tour. Makanya, Anda Anda perlu mencari jam penerbangan yang lebih awal.

Karena Anda berangkat dengan penerbangan yang lebih awal, maka Anda harus antisipasi waktu yang dibutuhkan saat masuk ke bandara, perhitungkan juga bila Anda menitip kendaraan di bandara (Baca: Lokasi Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta), perhatikan waktu check-in (Baca: Beli Tiket Online Pastikan Untuk Check In), hingga ke boarding, dan jangan lupa waktu tempuh dari rumah Anda ke bandara.

Menyangkut check-in, untuk menghemat waktu, disarankan agar Anda melakukan check-in secara online sebelum hari keberangkatan, atau H-1. Untuk alasannya, Anda bisa baca disini.

Kembali ke laptop!

Bayangkan, bila Anda enggan memperjuangkan untuk memilih penerbangan awal yang mengharuskan Anda bangun dini hari, misal Anda memilih penerbangan siang, yaitu jam 11.00 WIB, maka dengan waktu tempuh 2 jam, ditambah 1 jam karena adanya perbedaan waktu antara WIB dengan WIT, Anda akan tiba di Bali pada pukul 14.00 WIT, sehingga secara otomatis di hari pertama Anda sudah tidak punya waktu untuk keliling destinasi wisata yang ada di Bali.

Ingat, terlampau sayang momen liburan di Bali yang memiliki segudang destinasi wisata kelas dunia, Anda lewatkan begitu saja, tanpa Anda arrange dengan baik.

#3. Memilih Jadwal Penerbangan

Hasil filterisasi jadwal penerbangan, yang dilakukan berdasarkan waktu take-off pada tanggal 1 Agustus 2020 antara pukul 05.00 WIB – 08.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta dan waktu take-off pada tanggal 5 Agustus 2020 antara pukul 16.00 WIT – 20.00 WIT pada saat kembali ke Jakarta dari Bandara Ngurah Rai, menghasilkan 28 jadwal penerbangan dengan jumlah 4 maskapai yang melayani yaitu Indonesia Air Asia, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Thai Lion Air.

Ulasan dari 28 jadwal penerbangan tersebut, yaitu seperti tampak pada gambar dibawah, dimana jika dilihat dari sisi kriteria waktu yang sudah Anda buat, kesemuanya memenuhi, baik pada nomor urut 26, 27 maupun 28, memiliki waktu keberangkatan pukul 06.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta, dan pukul 17.30 WIT dan 19.40 WIT untuk waktu keberangkatan saat kembali ke Jakarta dari Bandara Ngurah Rai.

tarif-3-penerbangan-jakarta-bali-termahal-di-agoda

Namun ketiganya memiliki persamaan tarif per penumpang yaitu sebesar Rp 3.628.733 yang disebabkan karena adanya transit 1 kali di Bandara Juanda Surabaya.

Lalu, bagaimana dengan penerbangan lainnya?

Sebelum beranjak ke pilihan harga tiket pesawat Jakarta Bali paling murah, kita perlu melihat opsi lainnya, seperti digambarkan pada gambar berikut ini.

tarif-3-penerbangan-no-4-5-6

Dari gambar tersebut, baik nomor 4, 5, dan 6, dilihat dari sisi kriteria waktu yang sudah dibuat, sama-sama memenuhi, namun nomor 4 memiliki tarif per penumpang yang lebih ekonomis dibanding nomor 5 dan 6.

Sementara itu, untuk nomor 1, 2, dan 3, diulas dibawah ini.

tarif-3-penerbangan-ke-bali-termurah-di-agoda

Dalam gambar diatas, baik nomor 1, 2, dan 3, sama-sama memiliki kriteria waktu yang memenuhi sebagaimana yang sudah ditetapkan diawal. Namun bicara tarif pesawat Jakarta Bali per penumpang, nomor 1 dan 2 memiliki harga tiket pesawat Jakarta Bali termurah dibanding 26 jadwal penerbangan lainnya.

Bila disuruh memilih salah satu dari 28 jadwal penerbangan tersebut, rasanya Anda tidak perlu diajari lagi dong? Iya kan?

Ok, namun sebelum Anda mengeksekusinya, saya coba pandu lagi, hingga bisa difinalisasi.

#4. Menetapkan Jadwal Penerbangan

Dalam gambar diatas, saya biasa memilih waktu penerbangan lebih dini dengan maksud agar bisa sampai di lokasi tujuan lebih awal. Panah hijau pada gambar menunjukkan jam keberangkatan pukul 05.10 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK).

Ada 3 poin yang akan diuraikan dalam menetapkan jadwal penerbangan Jakarta Bali pp secara efektif dan efisien.

#Poin 1 – Durasi Penerbangan

Bila Anda bertanya, berapa lama perjalanan pesawat Jakarta Bali?

Perjalanan atau penerbangan Jakarta Bali memakan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Bila Anda take-off pukul 05.10 WIB, semestinya tiba di Bandara Ngurah Rai (DPS) pukul 07.10, namun karena adanya perbedaan waktu antara Jakarta (WIB) dengan Bali (WIT) yang berselisih 1 jam, maka sampai di Bandara Ngurah Rai pada pukul 08.05 WIT. Yang kita rasakan seperti perjalanan 3 jam saja.

Lalu, bila Anda bertanya lagi, untuk penerbangan Bali Jakarta berapa lama?

Jawabannya, jika dilihat dari sisi jam atau waktu berdasarkan WIT dan WIB, maka penerbangan Anda akan terasa sangat singkat. Padahal durasinya tetap sama, yaitu berkisar kurang lebih 2 jam.

Uraiannya, masih dengan ilustrasi diatas, kita coba ambil Nomor 1 saja, yang berarti jam keberangkatan dari Bandara Ngurah Rai (DPS) pukul 19.45 WIT, dengan durasi perjalanan yang sama-sama kurang lebih 2 jam, karena ada perbedaan waktu tadi, dimana WIT lebih cepat 1 jam, maka kita akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (CGK) pukul 20.30 WIB, serasa perjalanan hanya 1 jam saja bukan?

#Poin 2 – Dampak Pengaturan Waktu Yang Tidak Tepat

Ok, berarti sekarang waktunya untuk memutuskan, apakah Nomor 1 atau Nomor 2 yang kita pilih?

Untuk Nomor 3, dan seterusnya, tentu saja sudah gugur sebagai pilihan, tentunya karena perbedaan harga, yang semakin jauh urutannya semakin mahal tarifnya, dikecualikan bila Anda fanatik terhadap maskapai tertentu, dikarenakan ingin mengejar benefitnya, seperti Garuda Indonesia dengan Garuda Miles-nya.

Baik, kalau masih bingung juga, saya coba berikan ilustrasi lagi.

gambar-jadwal-penerbangan-jakarta-bali-pp

Pelajaran dari gambar diatas, dan harus Anda perhatikan betul yaitu yang pertama dilihat adalah benar tarifnya yang mungkin paling murah diantara yang ada. Berikutnya, dan ini bersifat mengikat, yaitu jam penerbangannya. Untuk apa mendapatkan tarif paling murah, tapi sekaligus paling tidak efisien, alias masih ada potensi biaya yang tidak Anda prediksi sebelumnya.

Begini, dengan memilih jam penerbangan seperti ini, maka berarti Anda akan membayar full akomodasi Anda di Bali untuk hari pertama, sementara Anda menggunakan setengahnya, yang saya maksud masa pakai hotel yah.

Kenapa bisa begitu? Sebabnya, pesawat Anda take-off pukul 22.35 WIB dan tiba di Bali pukul 01.25 WIT. Hotel yang telah Anda booking sebelumnya telah berjalan setengah dari durasi harian. Di tanggal 1 Agustus 2020 yang semestinya Anda bisa check-in pukul 14.00 WIT, tapi Anda baru check-in pukul 01.25 WIT di tanggal 2 Agustus 2020.

Bayangkan, bila pada tanggal 1 Agustus 2020 Anda sudah melakukan aktifitas seharian penuh untuk mempersiapkan keberangkatan Anda, dan baru tiba tanggal 2 Agustus 2020 pukul 01.25 WIT. Lelah pastinya kan?

Bagaimana rencana perjalanan full day tour Anda bersama keluarga di hari pertama Anda di Bali? Hehe…bisa jadi Anda akan kesiangan.

Selanjutnya, kita ulas perjalanan pulang, masih berdasarkan gambar diatas, dimana keberangkatan dari Bandara Ngurah Rai Denpasar, dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2020, pukul 08.30 WIT.

Jika jam keberangkatan seperti itu, maka siap-siap saja Anda ketinggalan pesawat. Selalu ada potensi kegagalan saat ada kelemahan. Jam keberangkatan seperti itu, berpotensi menyebabkan kegagalan berangkat yang diakibatkah dari akumulasi kelelahan beraktifitas di daerah wisata.

Bedanya dengan saat berangkat untuk memulai dibanding berangkat untuk kembali adalah, energi kita saat berangkat untuk mulai secara psikologis sedang tinggi-tingginya, berbeda dengan saat akan kembali, dimana rasa lelah dan letih selama beberapa hari terakumulasi, sehingga ada celah Anda akan kesiangan berangkat ke bandara di jam tersebut, apalagi bila anggota Anda masih anak-anak.

#Poin 3 – Pilihan Yang Tepat Adalah Yang Moderat

So, pilihan yang tepat seperti apa? Pilihan yang tepat tentunya yang paling moderat. Yang murah iya, yang jam penerbangannya masih sangat mungkin dijangkau dengan beberapa pertimbangan-pertimbangan.

Nomor 2 pada tampilan gambar diatas menurut saya memiliki kombinasi jam penerbangan yang paling moderat berdasarkan ulasan diatas.

Pertimbangannya, dengan berangkat pukul 05.10 WIB pada tanggal 1 Agustus 2020, energi masih full, semangat untuk berlibur masih membara, dan membuat antusias Anda dan keluarga. Tiba di Denpasar Bali pun masih pukul 08.05 WIT masih di tanggal yang sama, bisa langsung Anda mulai dengan full day tour hari pertama.

Jika Anda melakukan full day tour selama 4 hari berarti setara dengan Anda telah menjelajahi destinasi wisata favorit di Bali.

Saat melakukan perjalanan pulang ke Jakarta pun, waktu yang tersedia terasa longgar, karena dengan jam penerbangan 16.35 WIT, serta tiba di Bandara Soetta pukul 17.30 WIB, serasa masih sore saja.

Saat menunggu waktu keberangkatan pun Anda masih bisa sedikit leyeh-leyeh menikmati suasana hotel, atau bahkan masih menyempatkan mencari tambahan buah tangan untuk sanak famili maupun rekan kerja Anda.

***

Penutup

Teknik yang diuraikan diatas bisa juga Anda terapkan saat membooking jadwal penerbangan ke kota lainnya di duia. Yang harus menjadi patokan adalah, berapa jam waktu tempuh penerbangan dari Departure hingga Arrive? Sebab, bila Anda mengetahui hal tersebut, Anda akan dengan mudah menyusun agenda di lokasi wisata tujuan Anda.

Jangan sampai Anda menyusun atau memilih waktu penerbangan di jam sibuk, sementara keberangkatan Anda dalam rombongan besar, tentu akan ada kendala yang berpotensi merepotkan.

Atau juga, Anda memilih penerbangan paling terakhir, harapannya lalu lintas ke bandara biasanya lengang, namun Anda tidak memperhitungkan kondisi di bandara tujuan seperti apa, lalu bagaimana dengan akomodasinya, termasuk layanan antar jemput bandara.

Namun bila Anda hanya menjadi peserta dari sebuah perjalanan, misal rombongan tour, tentu pihak tour bersama tim yang akan melakukan handling, Anda tinggal menyesuaikan saja.

Terakhir, sebagai catatan saja, dan bisa dicatat sebagai pengecualian, terkait dengan tampilan tarif perjalanan atau harga tiket, bilamana dianggap terdapat perbedaan antara satu tampilan dengan tampilan lain, hal itu disebabkan semata-mata begitu dinamisnya pengelolaan tarif yang dilakukan oleh setiap OTA, bukan saja Agoda, yang kesemuanya mengacu pada pihak maskapai.

Untuk mulai mencari tiket penerbangan Jakarta Bali, Anda bisa langsung klik disini.(ti-id)

Baca juga artikel lainnya di Travelinfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.