Sinar Matahari Di Hotel Grand Sunshine Soreang

Libur panjang ditengah pandemi Covid-19 benar-benar menggoda dan sangat sayang bila dilewatkan begitu saja, dan kamipun memanfaatkannya untuk merasakan aroma luar kota. Tujuan kami kali ini yaitu Soreang, ibu kota Kabupaten Bandung dengan menginap di Grand Sunshine Hotel Soreang.

Pasalnya, libur yang cukup panjang sepanjang tahun ini, baru kali ini terjadi, setelah sebelumnya Pemerintah membatalkan libur cuti bersama Idul Fitri akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Disisi lain, sekolah pun sudah sangat lama tidak aktif melakukan tatap muka, selain hanya mengandalkan zoom meeting saja. Jadilah, ini sebagai momen yang pas untuk berlibur bersama keluarga.

Hotel Grand Sunshine Soreang

Berjarak kurang lebih 160 kilometer dari Jakarta, atau ditempuh dalam waktu 2 jam 15 menit, Grand Sunshine Soreang Resort & Convention berlokasi persis berdampingan dengan Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bandung.

Hotel Grand Sunshine merupakan salah satu hotel yang telah menerapkan aturan protokol kesehatan Covid-19 di era New Normal, pasalnya tiap tamu yang masuk hotel wajib menggunakan masker di area bersama di dalam hotel, lalu saat akan masuk hotel dilakukan pengukuran suhu tubuh (thermo gun), serta menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan.

Selain itu, lift yang merupakan aksesibilitas tamu hotel setiap jamnya selalu dilakukan penyemprotan disinfektan, lalu di tiap-tiap lantai persis di depan lift, selain disediakan kursi, juga disiapkan pula hand sanitizer auto sensor.

Untuk Anda yang berniat berwisata ke kawasan Bandung Selatan seperti Ciwidey, Kawah Putih, Pemandian Air Panas Ciwalini, Situ Patenggang, atau di Situ Cileunca Pengalengan, maka Grand Sunshine yang berjarak antara 10 hingga 25 kilometer menjadi pilihan tepat bagi Anda sebagai home base.

Kawasan Bandung Selatan dikenal sebagai daerah dataran tinggi dengan ketinggian mulai 1.000 – 2.000 mdpl, sehingga memiliki udara yang cukup sejuk cenderung dingin, dan tentu saja menjadi daerah tujuan wisatawan lokal.

Fasilitas Hotel

Sebagai hotel bintang 4, Grand Sunshine telah dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, mulai dari kamar, parkir, restoran, musholla, kolam renang, gym, tempat bermain, ruang pertemuan. 

Berikut ini adalah gambaran mengenai fasilitas hotel yang ada di Grand Sunshine Resort and Convention Soreang Bandung.

#1 Kamar

Terdapat 4 pilihan tipe kamar, mulai dari Deluxe, Executive, Family, dan Suite. Untuk tipe Deluxe, Exectuive dan Family memiliki luas kamar 32 meter persegi, sedangkan untuk tipe Suite memiliki luas 64 meter persegi.

Kamar berukuran 32 meter persegi, tentu saja terbilang luas bagi sebuah keluarga dengan Bapak, Ibu dan 2 orang anak.

#2 Parkir

Anda tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat parkir, karena Sunshine Hotel menyiapkan parkir yang sangat luas, baik parkir di dalam gedung, maupun di halaman terbuka dalam jumlah lot parkir yang sangat banyak.

Tidak kurang dari 100 lot parkir disiapkan pihak hotel, karena memang selain lahan hotel yang demikian luas, pihak hotel juga mempersiapkan parkir untuk tamu acara-acara pertemuan, seperti pesta pernikahan, maupun acara seminar.

#3 Kolam Renang

Bicara kolam renang, dijamin anak-anak akan betah berlama-lama, pasalnya kolam renang yang disediakan terdiri dari 3 model pilihan bagi para tamu, diantaranya yaitu kolam untuk dewasa, kolam air hangat, serta kolam mini water boom bagi anak-anak.

Kolam air hangat dan mini water boom adalah tempat favorit bagi anak-anak untuk berlama-lama di kolam renang.

#4 Gym

Meski tidak terlalu besar, namun posisinya yang bersebelahan dengan kolam mini water boom untuk anak berenang dan bermain di kolam renang menjadi nilai tersendiri, pasalnya saat anak bermain di kolam renang, orang tua bisa menunggu dan memandangi anak, sambil berolah raga di gym.

Meski tidak terlalu luas, namun arena gym yang ada cukup dilengkapi dengan peralatan gym, seperti treadmil, barbel, dan alat-alat lainnya. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas gym di hotel ini, petugas akan meminta Anda untuk menggunakan sepatu, bukan sandal, apalagi bila tanpa alas kaki.

Sebagai referensi, Anda dapat memilih sepatu Adidas untuk mendukung aktifitas Anda di gym.

#5 Breakfast

Lelah menemani anak di kolam renang, ataupun mengamati anak sambil ber-gym ria di arena gym hotel, selanjutnya Anda dapat menikmati menu breakfast yang disediakan hotel. Sebagaimana umumnya, hotel menyediakan free breakfast untuk 2 orang, dan bila lebih dari 2 orang akan dikenakan charge sebesar Rp 75 ribu per orang.

Menu breakfast yang disiapkan Sunshine Hotel cukup beragam, seperti main course, bubur kacang hijau, bubur ayam, sushi, aneka minuman, buah-buahan, maupun jamu. 

#6 Outdoor Playground

Sebagai hotel yang ramah bagi keluarga, Sunshine Hotel telah menyiapkan area outdoor playground diatas rumput sintetis, serta mini panjat dinding. Namun meski mini, hal itu cukup untuk melatih keberanian diri pada anak-anak.

Hal tersebut cukup untuk mencitrakan diri Sunshine Hotel sebagai hotel yang ramah keluarga.

#7 Mini Zoo

Nilai lebih lain dari Grand Sunshine Hotel, yaitu Mini Zoo, sebuah area edukasi bagi anak-anak untuk mengenal hewan peliharaan, diantaranya, kelinci, kambing, ayam kalkun, burung merak.

Tidak terlalu besar memang, namun itu sudah cukup untuk mengenalkan anak-anak akan dunia hewan yang ada di lingkungan terdekat manusia.

Kenyamanan Selalu Terdepan

Berbeda dengan kebanyakan hotel lain yang menyediakan kamar smooking room dan no smooking room, hotel Grand Sunshine Soreang hanya menyediakan kamar no smooking room saja.

Saat Anda check-in hotel, resepsionis akan menyampaikan bahwa tamu dilarang merokok di dalam kamar, dan bila kedapatan nekat merokok di dalam kamar, maka pihak hotel akan mengenakan denda sebesar Rp 3 juta, dan Anda akan diikat dengan surat pernyataan untuk mematuhi kebijakan hotel tersebut.

Bagi Anda yang perokok berat, nampaknya Anda perlu menahan diri untuk tidak merokok didalam kamar selama menginap di hotel ini, namun tidak perlu risau karena pihak hotel masih membolehkan Anda merokok diluar bangunan.

Keramahan Petugas Hotel

Salah satu kekuatan hotel untuk memberikan kenyamanan bagi para tamunya adalah keramahan staf hotel. Bila Anda menginap di hotel ini, Anda akan merasakan itu sebagaimana kami rasakan saat menginap di hotel ini.

Hampir semua petugas yang kami jumpai, atau yang melayani kami, akan menyapa dan melayani dengan ramah, khas keramahan orang tatar Sunda.

Sebagai informasi, kami biasa menyusun request saat memesan hotel via Online Travel Agency, diantaranya, kamar no smooking, kamar di lantai tertinggi, maupun kamar dengan view kolam renang ataupun gunung.

Yang tersedia saat kami melakukan check-in, kamar dengan view kota Soreang. Kami sempat menawar untuk bisa mendapatkan view kolam renang, dan ternyata sudah full, namun resepsionis menjanjikan akan menginformasikan bila keesokan hari kamar dengan view yang kami inginkan tersedia, alias tamu pada view tersebut check-out.

Dan benar saja, keesokan harinya, 2 kali petugas menginformasikan hal tersebut, baik yang datang langsung ke kamar kami, maupun yang melalui telepon kamar. Namun karena kebetulan kami sudah bersiap berangkat ke lokasi wisata, dan karena alasan memindahkan barang maka kami mengurungkan untuk pindah kamar.

Yang menjadi catatan, tanpa diingatkan pihak hotel telah memenuhi janjinya untuk menginformasikan kepada kami, meski kami tahu kondisi hotel saat itu sedang banyak tamu.

Spot Foto Instagramable

Saat ini, hampir tidak ada orang yang tidak merekam aktifitasnya, baik berbentuk foto maupun video, dan kemudian disimpan dalam medsos, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, maupun Twitter.

Dari mulai foto bersama keluarga, maupun foto selfie, semua diunggah dalam medsos. Alih-alih ingin menyimpan foto maupun video di cloud medsos, namun sejatinya, bila foto tersebut memiliki cita rasa seni fotografi tentu akan memiliki nilai yang pada akhirnya dapat ditransaksikan dalam bentuk endorsement.

Tentu saja, bila foto bercita rasa seni tersebut disukai oleh banyak orang, itu sama artinya dengan trafik yang tinggi. Trafik tinggi itulah yang kemudian dibarter dengan endorsement tadi.

Namun, untuk bisa mendapatkan foto bercita rasa seni, paling tidak dibutuhkan minimal smartphone yang memadai untuk mendukung aktifitas fotografi tersebut, seperti saat kami gunakan Samsung Galaxy Note 10 Lite ini. Silahkan hasilnya Anda nilai sendiri.

Grand Sunshine Resort and Convention merupakan salah satu hotel yang memiliki spot foto Instagramable. Bila Anda jeli, Anda dapat membingkai kebersamaan Anda dengan keluarga melalui foto Instagramable tersebut. Tinggal Anda jeli saja menemukan spot tersebut.

Nah, bila Anda sudah dapat menemukan spot tersebut, Anda dapat men-share bingkai foto Anda dengan mengirimkan link di kolom komentar dibawah ini.

***

Penutup

Bila Anda ingin menikmati udara sejuk di wilayah Bandung Selatan, maka pilihan Ciwidey atau Pengalengan merupakan pilihan yang tepat.

Di Ciwidey terdapat kawasan wisata Kawah Putih, Situ Patenggang, Ciwidey Valley Resort, maupun aneka ragam wana wisata lainnya, dengan suhu udara yang bisa mencapai dibawah 25 derajat Celcius.

Sementara di kawasan wisata Pengalengan, Anda dapat menikmati wisata Situ Cileunca yang suhunya bisa mencapai dibawah 15 derajat Celcius.

Kedua kawasan diatas idealnya dihabiskan dalam waktu satu harian, karena meski berjarak hanya 10-25 kilometer bila Anda berhome base di Grand Sunshine, namun karena jalur yang dilalui terbilang tidak terlalu lebar, ditambah bila di musim-musim libur kerap macet oleh wisatawan yang datang tidak hanya dari Bandung saja, tetapi juga dari Jabodetabek.

Memilih ber-home base di Sunshine Hotel yang tergolong hotel baru, tentu merupakan pilihan yang pas, mengingat posisinya yang berada di tengah, dan di ibu kota kabupaten pula.

Dan bila Anda tertarik untuk mencoba menginap di Sunshine Hotel, ada tanggal bagus di tahun ini, kebetulan merupakan tanggal yang ditetapkan Pemerintah sebagai cuti bersama, yakni tanggal 30 Oktober 2020. Jadi Anda bisa mulai berlibur dan menginap di tanggal 29 Oktober 2020 hingga 1 Nopember 2020.

Berdasarkan pencarian kami di situs OTA Agoda.com per hari ini, bisa Anda dapatkan dengan harga hanya Rp 452.500, atau discount 42% dari harga Rp 778.000. Tentu saja harga tersebut akan berubah setiap saat bergantung pada ketersediaan kamar dan waktu atau hari menginap.(ti-id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.