Paspor Indonesia Kini Tembus 72 Negara Tanpa Perlu Visa

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, kita sebagai Warga Negara Indonesia patut bangga, khususnya bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri.

The Henley Passport IndexApa sebabnya? Sebabnya, karena kini Anda tidak perlu lagi repot mengurus visa saat melakukan travelling ke 72 negara. Berdasarkan catatan The Henley Passport Index, Rabu (1/8/2018), paspor Indonesia berada di urutan 69 dalam urusan traveling ke 72 negara tanpa visa.

Dalam catatan lain, yakni pada Selasa (6/3/2018), menurut Henley Pasport Index, bagi Anda pemegang paspor Indonesia, paspor Anda berada di peringkat 72 dunia dengan akses tanpa visa ke 63 negara atau dengan visa on arrival yang dapat diurus dengan mudah saat berada di bandara kedatangan.

72 negara tersebut masing-masing terdiri dari Benua Asia 18 negara, Eropa 3 negara, Afrika 22 negara, Oceania 9 negara, Karibia 3 negara, Amerika Latin 10 negara, dan Timur Tengah 7 negara.

Mau tahu negara mana saja dengan akses tanpa Visa tersebut? Mari simak daftar negaranya dibawah ini.

Untuk kawasan Asia, ada 12 negara yang tanpa perlu visa yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Hongkong, Laos, Makau, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Uzbekistan, Thailand, Vietnam, sedangkan 6 negara berikut tetap membutuhkan Visa namun dapat diurus dengan mudah saat berada di bandara kedatangan atau disebut juga dengan visa on arrival, yaitu Tajikistan, Timor Leste, Kirgistan, Maldives, Nepal, Srilanka.

Untuk kawasan Eropa, baru tiga negara saja yang bisa akses tanpa visa maupun visa on arrival, yaitu Belarusia, Serbia, yang tanpa visa, dan Ukraina yang tetap membutuhkan visa on arrival.

Baca juga: 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perjalanan Pertama Kali Anda Ke Luar Negeri

Sedangkan untuk kawasan Afrika, yang tanpa perlu visa ada 4 negara yaitu Gamboa, Mali, Maroko, Rwanda, sementara yang tetap membutuhkan visa on arrival yaitu ada 18 negara diantaranya Benin, Kepulauan Cape Verde, Comores Islands, Djibouti, Gabon, Guinea Bissau, Kenya, Madagaskar, Malawi, Mauritania, Mauritius, Mozambik, Seychelles, Somalia, Tanzania, Togo, Uganda, Zimbabwe.

Kawasan Oceania, yang tanpa perlu visa ada 4 negara diantaranya Cook Island, Fiji, Micronesia, Niue, sementara yang tetap dengan visa on arrival ada 5 negara yaitu Marshall Islands, Palau Islands, Papua New Guinea, Samoa, Tuvalu.

Untuk kawasan Karibia 3 negara berikut dapat diakses tanpa perlu visa yaitu Dominica, Haiti, St. Vincent.

Sementara untuk kawasan Benua Amerika yang dapat diakses tanpa perlu visa ada 7 negara yaitu Bermuda, Brazil, Chile, Colombia, Ecuador, Guyana, Peru, sedangkan 3 lainnya diakses dengan visa on arrival yaitu Bolivia, Nicaragua, Suriname.

Baca juga: Jetstar Tawarkan Kemudahan Bagi Traveler Dengan FlexiBiz

Dan untuk kawasan Timur Tengah, hanya 1 negara yang dapat diakses tanpa visa yaitu Qatar, sementara 6 negara lainnya membutuhkan visa on arrival diantaranya Armenia, Azerbaijan, Iran, Jordan, Oman, Turkey.

Demikian daftar 72 negara yang dapat diakses tanpa visa atau minimal dengan visa on arrival yang dapat dengan mudah Anda lakukan saat tiba dibandara kedatangan, dan semoga saja ke depan akan semakin banyak negara yang dapat diakses tanpa visa menggunakan paspor Indonesia.(ti-id)

Ayo, Bangga menjadi Warga Negara Indonesia!!

 

Sumber gambar: The Henley Passport Index

0 thoughts on “Paspor Indonesia Kini Tembus 72 Negara Tanpa Perlu Visa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.