Menit Dalam Penerbangan Yang Harus Anda Perhatikan

Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang istilah-istilah dalam penerbangan, maka artikel kali ini akan membahas tentang menit penerbangan yang harus Anda perhatikan.

Baiklah kita mulai dengan pertanyaan-pertanyan seputar menit dalam penerbangan.

Check In

Tahukah Anda, jika petugas konter check-in harus memberikan pelayanan yang ramah dan responsif. Kalau ini jelas standar sekali. Yang namanya pelayanan yang harus diberikan secara ramah dan cepat tanggap oleh petugas pelayanan.

Petugas konter check-in juga harus memberikan prioritas check-in terlebih dahulu kepada penumpang yang telah berada di dalam antrian check-in dengan kondisi 15 menit sebelum waktu tutup konter check-in.

Baca juga: Istilah-Istilah Dalam Penerbangan Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah yang ini Anda tahu, berapa waktukah batas waktu buka konter check-in? Ini jawabannya, berdasarkan regulasi yang ada, demi kelancaran proses check-in, maka batas waktu buka konter check-in selambat-lambatnya 120 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Lalu, bagaimana dengan batas waktu tutup konter check-in? Nah, menurut regulasi yang ada, maka batas waktu tutup konter check-in adalah 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Harap diperhatikan betul hal ini, karena jika Anda terlambat 1 menit saja, maka nama Anda tidak dapat masuk dalam manifest penerbangan, yang artinya Anda ditolak untuk lanjut proses berikutnya alias Anda tidak dapat naik pesawat meski tiket dalam genggaman Anda.

Sebagai ilustrasi, jika jadwal keberangkatan pesawat Anda pukul 12.15, maka Anda masih dapat dilayani oleh petugas konter check-in sebelum pukul 11.45, jika waktu sudah menunjukkan pukul 11.45 atau lebih berarti konter check-in sudah tutup dan tidak dapat melayani Anda.

Lalu, tahukah Anda, jika ternyata untuk proses boarding itu sudah ditentukan waktunya. Belum tahu? Baik, berdasarkan regulasi yang ada, untuk proses boarding per penumpang, petugas diberi waktu 2 menit 30 detik.

Baca juga: Tips Nyaman Bermain Arung Jeram

Boarding

Tahukah Anda, petugas boarding harus sudah ada di boarding gate berapa waktu sebelum keberangkatan pesawat? Jika Anda menjawab 120 menit, maka jawaban Anda masih salah.

Nah, jika Anda menjawab 60 menit, maka jawaban Anda 100 persen benar. Karena itulah yang diatur dalam regulasi yang ada di Indonesia. Jadi, petugas boarding gate harus sudah ada di boarding gate 60 menit sebelum keberangkatan pesawat.

menit penerbangan

Bagaimana jika proses boarding sudah berjalan, kapankah waktu penutupan boarding gate terakhir yang masih dapat melayani penumpang? 60 menit? 45 menit? 30 menit? Atau 15 menit?

JIka Anda menjawab salah satu dari itu maka jawaban Anda masih salah. Yang benar adalah, penumpang masih diberi waktu hingga 11 menit sebelum jadwal keberangkatan pesawat, atau berdasarkan regulasi maka batas waktu penutupan naik pesawat udara dilakukan 10 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk jelasnya, misalkan pesawat dijadwalkan berangkat pukul 12.15, maka Anda masih diberi kesempatan terakhir untuk dapat naik pesawat yaitu pukul 12.04, jika waktu sudah menunjukkan pukul 12.05 yang artinya 10 menit sebelum jadwal keberangkatan, maka dengan menyesal Anda akan ditolak untuk naik pesawat.  

Baca juga: Menapaki Gunung Rinjani Lombok

Maka, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, selalu perhatikan dengan cermat dan teliti jadwal waktu keberangkatan Anda, jangan sampai Anda berleha-leha menunggu di ruang tunggu, atau bahkan sampai tertidur sehingga Anda yang sudah di ruang tunggu boarding terlena dan ditolak masuk ke pesawat.

Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, boleh juga di share disini melalui kolom komentar dibawah ini.

Makanan dan Minuman

Berikutnya, ini dikhususkan bagi kelompok pelayanan penerbangan full service saja. Jika waktu penerbangan kurang dari 90 menit, maka pihak maskapai menyediakan minuman dan makanan ringan (snack) tanpa biaya tambahan.

Lalu, jika penerbangan lebih dari 90 menit, maka sesuai regulasi yang ada, pihak maskapai menyediakan minuman dan makanan berat (heavy meal) tanpa biaya tambahan.

Baca juga: Pengalaman Menginap Di Grand Inna Malioboro

Sementara bagi kelompok pelayanan penerbangan medium service menyediakan minuman dan makanan ringan saja tanpa biaya tambahan, sedangkan kelompok pelayanan penerbangan dengan standar minimum (no frills) dapat menyediakan makanan dan minuman dengan biaya tambahan.

Itulah beberapa catatan tentang menit yang harus Anda perhatikan benar saat akan melakukan perjalanan via penerbangan.

Keseluruh menit tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang ditanda tangan Menteri Ignasius Jonan.

Menit memang terlihat sepele apalagi bagi Anda yang biasa ngaret, namun jangan sampai menganggap sepele atau sebelah mata, Anda justru ketinggalan pesawat, alias gagal berangkat ke kota tujuan Anda.

Baca juga: 6 Keuntungan Pesan Di Traveloka Hotel Dijamin Puas

Bayangkan jika itu adalah perjalanan penting Anda, misal perjalanan untuk menghadapi kontrak miliaran Rupiah, namun karena Anda gagal berangkat, gagal pula kontrak Anda. Sekali lagi jangan sampai terjadi.(ti-id)

Sumber gambar & info: CLipArtMag & Kemenhub

0 thoughts on “Menit Dalam Penerbangan Yang Harus Anda Perhatikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.