Kereta Bandara, Transportasi Pilihan Menuju Bandara

Kereta Bandara saat ini menjadi salah satu transportasi yang disiapkan pemerintah sebagai pilihan yang dianggap mampu membelah kemacetan yang terjadi di pusat kota seperti Jakarta.

Kemacetan yang terjadi di Jakarta, menyebabkan waktu menjadi sangat berharga sekali. Kemacetan yang tidak mengenal tempat, waktu, dan bahkan sulit untuk diprediksi menambah kesulitan bagi orang-orang yang akan bepergian menuju bandara, seperti Bandara Soekarno-Hatta.

PT Railink yang merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II menghadirkan sebuah layanan transportasi publik berbasis “railway” bernama Kereta Api Bandara.

Semenjak merajut tekad pada 28 September 2006, PT Railink berhasil mengoperasikan KA Bandara Kualanamu sebagai KA Bandara pertama di Indonesia pada 25 Juli 2013.

Kehadirannya telah mendongkrak rating Bandara Kualanamu di mata Internasional berupa Sertifikasi Bintang 4 berdasarkan penilaian lembaga rating Skytrack pada 2014.

Baca juga: Lokasi Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta

Setelah 3 tahun KA Bandara Kualanamu bertumbuh, PT Railink siap menghadirkan KA Bandara baru di Ibu Kota Negara yaitu KA Bandara Soekarno-Hatta (BSH).

KA Bandara Soekarno-Hatta akan melayani rute Manggarai sampai dengan Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 36,3 km dengan melewati Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Bekasi dan Stasiun Batuceper.

Sebanyak 70 jadwal keberangkatan setiap hari dengan headway 30 menit sekali, jam operasi yang terus diperbaharui dengan perubahan jadwal penerbangan, serta kapasitas angkut 33.728 penumpang per hari.

Saat ini, Railink telah melakukan kerja sama dengan tenant-tenant terkemuka untuk menghadirkan kenyamanan bagi penumpang Railink yang berada pada stasiun-stasiun KA Bandara.

Seperti halnya, jika Anda membutuhkan uang tunai untuk membayar segala keperluan dalam perjalanan, telah tersedia ATM Gallery hasil kerja sama Railink dengan BNI, BCA, BRI, Bank Mandiri, Bank DKI, BTN, Bank Danamon, Bank Permata, Maybank dan QnB, di setiap stasiun-stasiun KA Bandara.

Selain ketersediaan ATM, di tiap-tiap stasiun, juga tersedia gerai makanan dan minuman terkemuka seperti Starbuck, KFC, Bakmi GM, Roti O, Chapayom juga minimarket seperti Indomaret, dan Alfamart.

Baca juga:Hak Siapa Sandaran Tangan di Kursi Tengah Pesawat?

Stasiun Bandara

Beberapa stasiun KA Bandara beserta fasilitasnya yang telah ada, baik di Jakarta untuk mendukung Bandara Soekarno-Hatta, maupun di Medan dalam mendukung Bandara Kualanamu, diantaranya yaitu:

Stasiun KA Bandara BNI City

Stasiun yang awalnya bernama Stasiun Sudirman Baru ini, saat ini dikenal dengan nama Stasiun KA Bandara BNI CITY.

Terletak di area Jl. Jenderal Sudirman membuat stasiun ini mudah diakses dari area bisnis Ibukota Jakarta.

Stasiun KA Bandara BNI City mulai melayani penumpang sejak 26 Desember 2017 dan diresmikan pada 2 Januari 2018. Stasiun yang memiliki luas area 21.748,63 M2 ini memiliki tenant-tenant yang lengkap seperti restoran, kafe, bank dan supermarket.

Fasilitas yang telah disediakan di Stasiun KA Bandara BNI City yaitu Vending machine, mesin check-in mandiri, papan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta, free wi-fi, waiting lounge, office space for rent, gerai makanan, gerai ATM, minimarket, toilet, musholla, klinik, ruang menyusui (nursery), serta dilengkapi dengan lapangan parkir dengan kapasitas 100 kendaraan.

Sebagai informasi, PT Railink telah menyiapkan jumlah perjalanan dari Stasiun KA Bandara BNI City menunju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 70 perjalanan/hari, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Baca juga: Pura Lempuyang, Wisata Bali Terbaru

Stasiun KA Bandara Soekarno–Hatta

Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta dibangun dengan luas lebih dari 8.000 meter persegi dan dibangun sejak Juni 2015.

Stasiun ini mulai melayani penumpang sejak 27 Desember 2017, namun baru diresmikan pada 2 Januari 2018. Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta memiliki kapasitas peron 2.000 penumpang dan kapasitas bangunan 1.500 penumpang.

Fasilitas yang tersedia di stasiun ini diantaranya vending machine, mesin check-in mandiri, papan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta dan pesawat, free wi-fi,

waiting lounge, gerai makanan, minimarket, medical assistance, smoking area, toilet, musholla, ruang menyusui (nursery), serta konektivitas ke APMS (Skytrain).

Jumlah perjalanan dari Stasiun KA Bandara BNI City menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta (SHIA/BST) bolak-balik adalah 70 perjalanan/hari dengan waktu tempuh tiap perjalanan sekitar 46 menit.

Stasiun KA Bandara Bekasi

Stasiun KA Bandara Bekasi mulai beroperasi sejak 19 Juni 2018. Alamat stasiun di Jl. Perjuangan No 1 Bekasi.

Fasilitas yang tersedia di stasiun ini yaitu vending machine, papan informasi, jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta, serta waiting lounge.

Jumlah perjalanan dari Stasiun KA Bandara Bekasi menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta bolak-balik yaitu 8 perjalanan/hari dengan waktu tempuh tiap perjalanan sekitar 90 menit.

Baca juga:Tips Traveling Murah ke Korea Tanpa Ikut Paket Tour Wisata

Stasiun KA Bandara Medan

Stasiun KA Bandara Medan dibangun di atas area seluas 70.004 m2, dan saat ini telah menjelma menjadi City Train Station KA Bandara. Kesan modern terasa di stasiun yang menjadi salah satu landmark Kota Medan.

Fasilitas yang disediakan di stasiun ini, vending machine, mesin check-in mandiri, papan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta, free wi-fi, waiting lounge, gerai makanan, gerai ATM, minimarket, toilet, musholla, klinik, ruang menyusui (nursery), serta hotel transit penunjang bisnis.

Jumlah perjalanan dari Stasiun KA Bandara Medan menuju Stasiun KA Bandara Kuala Namu yaitu 40 perjalanan/hari, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Stasiun KA Bandara Kualanamu

Stasiun KA Bandara Kualanamu berdiri dengan megah di area terdepan bangunan Bandara Internasional Kuala Namu dengan luas keseluruhan sekitar 10.000 m2.

Stasiun ini terhubung dengan bangunan inti Bandara oleh 2 buah travellator di lantai 2 yang akan memudahkan akses para penumpang.

Bangunan Stasiun KA Bandara Kualanamu sendiri terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 untuk kedatangan dan keberangkatan menuju Stasiun KA Bandara Medan, sedangkan lantai 2 merupakan akses menuju area check-in bandara.

Fasilitas yang ada pada stasiun ini yaitu vending machine, mesin check-in mandiri, papan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta, free wi-fi, waiting lounge, gerai makanan, gerai ATM, minimarket, toilet, musholla, klinik, ruang menyusui (nursery).

Jumlah perjalanan dari Stasiun KA Bandara Kuala Namu menuju Stasiun KA Bandara Medan yaitu 40 perjalanan/hari, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Baca juga: Pengalaman Menginap Di Grand Inna Malioboro

Kereta Api Bandara

Untuk memberikan layanan yang optimal bagi penumpang, PT Railink telah menyiapkan 10 rangkaian Kereta Api Ekslusif untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan 4 rangkaian Kereta Api Ekslusif untuk di Bandara Kualanamu Medan.

Spesifikasi KA Bandara Kualanamu

Produksi Kereta : Woojin Industries
Negara Asal : Korea Selatan
Jumlah Gerbong : 4 (tiap rangkaian)
Jumlah Kursi : 172 kursi
Jumlah Perjalanan : 42 perjalanan/hari
Kapasitas Kursi : 6.880 penumpang/hari
Jarak Tempuh : 27,9 km
Waktu Tempuh : 30-45 menit/perjalanan
Fasilitas : 1. Rak Penyimpan Bagasi
    2. LCD TV
    3. Koneksi Internet Nirkabel (wi-fi)

Spesifikasi KA Bandara Soekarno Hatta

Produksi Kereta : Konsorsium Bombardier
Negara Asal : Indonesia
Kecepatan Max : 100 km/jam
Jumlah Gerbong : 6 (tiap rangkaian)
Jumlah Kursi : 272 kursi/rangkaian
Jumlah Perjalanan : 124 perjalanan/hari
Kapasitas Kursi : 33.728 penumpang/hari
Jarak Tempuh : 36,3 km
Waktu Tempuh : 54 menit/trip
Fasilitas : 1. Rak Penyimpan Bagasi
    2. LED TV
    3. CCTV
    4. Kursi penumpang disabilitas
    5. USB Port Electricity
    6. Koneksi internet nirkabel (wifi)
    7. Vacum Toilet System
    8. Alat pemadam kebakaran
    9. Lampu darurat
    10. Sistem informasi penumpang

Baca juga: 5 Tips Membuat Perjalanan Yang Nyaman

Itulah informasi mengenai Kereta Api Bandara dan seluruh penunjangnya yang telah disiapkan oleh PT Railink, baik yang ada di Jakarta maupun yang ada di Medan.

Dengan jadwal keberangkatan tiap 30 menit sekali, dan waktu tempuh sekitar 45 menit, jika berangkat dari Stasiun KA Bandara BNI City menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta, maka ini adalah sebuah pilihan yang ideal di tengah kemacetan yang terjadi di Kota Jakarta.

Semoga ke depannya semakin banyak pengembangan yang dilakukan oleh PT Railink seperti penambahan lokasi stasiun bandara maupun penambahan jadwal keberangkatan menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.(ti-id)

Sumber : Railink

0 thoughts on “Kereta Bandara, Transportasi Pilihan Menuju Bandara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.