Istilah-Istilah Dalam Penerbangan Yang Perlu Anda Ketahui

Terkadang kita hanya tahu arti dari sebuah istilah-istilah dalam penerbangan secara sederhana saja, seperti misal boarding yang diartikan bersiap masuk pesawat. Nah, melalui artikel ini, kita akan coba definisikan istilah-istilah dalam penerbangan yang perlu Anda ketahui.

Istilah-istilah tersebut dirangkum dari berbagai sumber, salah satunya yaitu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Angkutan Udara Niaga Berjadwal

Baik, langsung kita mulai dengan istilah penerbangan untuk Angkutan Udara Niaga Berjadwal yaitu angkutan udara niaga dalam rute penerbangan yang dilakukan secara tetap dan teratur.

Contoh konkretnya rute penerbangan Cengkareng Jakarta – Denpasar Bali yang terbang setiap hari pukul 05.50 pagi.

Baca juga: 6 Keuntungan Pesan Di Traveloka Hotel Dijamin Puas 

Badan Usaha Angkutan Udara

Istilah penerbangan berikutnya, Badan Usaha Angkutan Udara yaitu badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, atau badan hukum Indonesia berbentuk perseroan terbatas atau koperasi, yang kegiatan utamanya mengoperasikan pesawat udara untuk digunakan mengangkut penumpang, kargo, dan/atau pos dengan memungut pembayaran.

Dari definisi diatas, kemudian kita mengenal sebutan maskapai penerbangan yang merupakan Badan Usaha Angkutan Udara, seperti Garuda Indonesia yang merupakan maskapai plat merah, lalu Lion Air, dan Air Asia, maskapai swasta.

Penumpang

Penumpang adalah orang yang namanya tercantum dalam tiket yang dibuktikan dengan dokumen identitas diri yang sah dan memiliki pas masuk pesawat (boarding pass).

Penumpang dengan kebutuhan khusus adalah penumpang karena kondisi fisiknya dan / atau permintaan khusus penumpang yang memerlukan fasilitas dan perlakuan khusus, seperti penyandang disabilitas, lanjut usia, anak-anak, wanita hamil, dan orang sakit.

Penyandang disabilitas adalah penumpang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakatnya dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kesamaan hak.

Lanjut usia adalah penumpang dengan usia di atas 60 (enam puluh) tahun.

Orang sakit adalah penumpang yang karena kondisi kesehatannya membutuhkan fasilitas tambahan antara lain oxygen mask, kursi roda dan/atau stretcher, yang dalam hal ini dibatasi tidak berlaku untuk penumpang dengan penyakit menular sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Tips Nyaman Bermain Arung Jeram

Reservasi dan Tiket

regulasi penerbangan

Reservasi adalah proses pemesanan tiket yang dilakukan calon penumpang untuk melakukan penerbangan. Reservasi dapat Anda lakukan secara langsung ke website maskapai penerbangan, atau melalui bantuan pihak ketiga seperti Traveloka, Tiket, Pegi-Pegi, maupun biro perjalanan.

Tiket adalah dokumen berbentuk cetak, melalui proses elektronik, atau bentuk lainnya, yang merupakan salah satu alat bukti adanya perjanjian angkutan udara antara penumpang dan pengangkut, dan hak penumpang untuk menggunakan pesawat udara atau diangkut dengan pesawat udara.

Ticketing adalah proses mulai dari pembayaran tiket sampai dengan diterbitkannya (issued) tiket.

Saat ini, tiket dalam bentuk e-ticket sudah cukup bagi Anda untuk dapat masuk ke terminal keberangkatan, caranya dengan menunjukkan ke petugas di pintu masuk terminal.

Check-In dan Boarding

Istilah penerbangan selanjutnya, yaitu Check-In adalah proses pelaporan calon penumpang kepada badan usaha angkutan udara untuk melakukan penerbangan. Sudah semakin baiknya sistem yang ada di tiap-tiap maskapai membuat Anda dapat melakukan check in dari jauh hari melalui smartphone Anda.

Jangan sampai sistem yang sudah baik ini Anda abaikan begitu saja, dan malah memilih check in di konter langsung. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan sebagaimana telah diulas pada artikel Beli Tiket Online Pastikan Untuk Check In.

Boarding secara familiar dikenal sebagai istilah dalam penerbangan yang berarti naik pesawat. Namun merujuk pada regulasi yang ada boarding adalah proses pelayanan penumpang dari ruang tunggu sampai dengan naik pesawat udara.

Denied Boarding Passenger adalah kondisi penumpang dalam status terangkut (confirm) tetapi tidak dapat diangkut karena alasan kapasitas pesawat udara tidak mencukupi.

Baca juga: Pengalaman Menginap Di Grand Inna Malioboro

Transit dan Transfer

Transit adalah proses singgahnya penumpang di suatu bandar udara dalam jangka waktu tertentu untuk melanjutkan penerbangan ke bandar udara tujuan dengan pesawat udara yang sama.

Transfer adalah proses singgahnya penumpang di suatu bandar udara dalam jangka waktu tertentu untuk melanjutkan penerbangan ke bandar udara tujuan dengan pesawat udara yang berbeda.

Bagasi

Bagasi Tercatat adalah barang penumpang yang diserahkan oleh penumpang kepada pengangkut untuk diangkut dengan pesawat udara yang sama. Biasanya proses bagasi tercatat ini bersamaan dengan proses pelaporan calon penumpang saat di konter check-in.

Bagasi Kabin adalah barang yang dibawa oleh penumpang dan berada dalam pengawasan penumpang sendiri. Beberapa maskapai menerapkan aturan timbang bagasi kabin, dengan Batasan bobot bagasi kabin sebanyak 7 kilogram.

Baca juga: Tips Traveling Murah ke Korea Tanpa Ikut Paket Tour Wisata

Take-Off dan Landing

take off pesawat

Secara familiar, arti take off dalam penerbangan adalah suatu kondisi ketika pesawat mulai terbang atau mengudara.

Take-Off atau lepas landas adalah fase dalam penerbangan dimana sebuah pesawat penumpang berpindah dari bergerak diatas permukaan menjadi terbang di udara, yang umumnya terjadi di landasan pacu dengan panjang landasan yang diatur berdasarkan pertimbangan teknis tertentu.

Panjang landasan umumnya sekitar 1.500 meter sampai dengan 3.000 meter, bergantung pula dari letak geografis dan iklim dimana bandara tersebut berada.

Makin tinggi letak ketinggian bandara serta makin panas iklim bandara tersebut maka panjang landasan yang dibutuhkan dapat lebih panjang dari biasanya, karena adanya pengaruh tekanan dan kerapatan udara. Salah satu bandara dengan landasan terpanjang, yakni 5.000 meter yaitu di Doha, Qatar.

Terakhir dari artikel ini, istilah penerbangan untuk landing atau mendarat adalah proses akhir dari sebuah penerbangan, yaitu saat dimana pesawat yang mengudara kembali ke darat dengan selamat. Pendaratan tersebut dapat berlangsung dengan mulus (pendaratan mulus), dan terkadang tidak (pendaratan keras).

Baca juga: Lokasi Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta

Itulah beberapa istilah-istilah dalam penerbangan yang buat Anda, atau para penumpang pesawat ketahui. Istilah-istilah yang seringkali Anda dengar, jadi bukan barang baru.

Namun, bagi Travelinfo, artikel ini untuk berbagi istilah-istilah yang dipadankan dengan definisi dari sebuah regulasi yang diterbitkan pemerintah. Ok, terima kasih atas kunjungannya, dan nantikan kami di artikel-artikel berikutnya.

Salam dari kami, dan semoga perjalanan Anda menyenangkan.(ti-id)

Sumber info & gambar: Uang Teman, Sciencemag, Kemenhub

0 thoughts on “Istilah-Istilah Dalam Penerbangan Yang Perlu Anda Ketahui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.