Istilah-istilah Dalam Dunia Traveling

Agar tidak salah dalam menangkap dan mengartikan pesan-pesan atau istilah dalam dunia traveling, rasanya Anda perlu memiliki kamus traveling. Istilah atau kamus traveling ini akan terus kami perbaharui.

Bila Anda menemukan ada hal yang kurang tepat, atau Anda memiliki istilah dalam dunia traveling yang belum ada dalam kamus ini, silahkan berikan masukan dalam kolom komentar agar dapat kami perbaharui.

Kamus Traveling

Apron, tempat parkir pesawat.

Babymoon, aktifitas perjalanan wisata seorang wanita yang sedang hamil tua.

Backpacker, aktifitas perjalanan wisata seseorang atau lebih dengan budget minim.

Baggage, bagasi bawaan penumpang, umumnya bagasi kabin, ataupun bagasi kargo pesawat.

Baggage Allowance, berat atau volume bagasi dari seorang penumpang yang diperkenankan dibawa tanpa adanya biaya tambahan.  

Booking, aktifitas seseorang yang melakukan pemesanan tiket pesawat, atau kamar hotel.

Check-in, aktifitas seseorang atau lebih saat registrasi untuk masuk kamar hotel setelah melakukan proses pemesanan. Umumnya, waktu check-in dilakukan paling cepat pukul 14.00.

Check-out, aktifitas seseorang atau lebih saat akan keluar dari hotel dan menandakan bahwa waktu inap telah usai. Umumnya, waktu check-out hotel dilakukan pada pukul 12.00.

Departure, asal kota keberangkatan.

Digital Detox, jenis liburan yang tanpa disertai dengan perangkat digital semacam smartphone, tablet, maupun laptop, sehingga liburan menjadi sangat privat jauh dari gangguan pekerjaan.

Fare, jumlah biaya yang dibebankan kepada penumpang beserta bawaannya yang diterbitkan secara umum kepada publik berdasarkan jenis kelas penerbangannya.

Flightseeing, aktifitas melihat pemandangan luar kabin dari dalam pesawat.

isitlah-istilah-dalam-dunia-traveling

Jetiquette, etika seorang penumpang saat berada di dalam pesawat.

Honeymoon, aktifitas perjalanan wisata dari pasangan pengantin yang baru saja menikah untuk perayaan atas pernikahannya.

Hostel, tempat menginap yang menyediakan dormitory room, dengan biaya yang lebih murah dari pada hotel.

Landing, aktifitas pesawat saat akan mendarat di bandara tujuan.

Open Trip, aktifitas pergi berlibur bersama dengan orang lain yang mungkin belum kita kenal dalam sebuah rombongan atau group tour dengan lokasi atau tujuan yang sama dengan cara cost sharing, sehingga dapat lebih murah.

OTA, Online Travel Agent atau Agen Perjalanan Online, yaitu agen yang mengurusi tiket pesawat, hotel, maupun paket perjalanan Anda, bisa dimulai dari keberangkatan Anda dari rumah ke bandara, lalu dari bandara ke bandara, dari bandara tujuan ke hotel tujuan, aktifitas di kota tujuan, lalu kembali lagi dari hotel tujuan ke bandara di kota tujuan, bandara ke bandara, bandara di kota asal hingga Anda kembali ke rumah.

Pick Up Service, aktifitas layanan antara jemput bandara ke hotel, dan sebaliknya, di kota tujuan yang dilakukan oleh penyelenggara atau agen perjalanan.

Private Trip, aktifitas pergi berlibur secara khusus atau private, dan tidak bergabung dengan group tour, dan cenderung lebih mahal ketimbang open trip, karena semua kebutuhan anggaran ditanggung sendiri oleh Anda, sesuai permintaan Anda.

Stacation, bermalam atau menginap diatas kapal.

Take-off, aktifitas pesawat saat tinggal landas dari kota asal ke kota tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.