Godok Stimulus, Kemenparekraf Siapkan Paket Wisata Murah

Pandemi Virus Corona di Indonesia, paling tidak sudah berjalan selama 6 bulan, dan telah membuat semua sektor terkena dampaknya, salah satunya sektor pariwisata. Untuk membangkitkan kembali sektor tersebut, Kemenparekraf sedang menggodok stimulus untuk memberikan diskon besar-besaran, sehingga Anda perlu bersiap-siap untuk berburu paket wisata murah.

Untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia, pemerintah telah mengaktifkan beberapa sektor secara bertahap melalui era yang disebut new normal, sebuah adaptasi terhadap kebiasaan baru, diantaranya selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan, atau menggunakan hand sanitizer, serta selalu berjaga jarak atau physical distancing.

Hingga kini, sektor pendidikan dan beberapa aktifitas dari sektor pariwisata, seperti bioskop, seni pertunjukan, atau konser, merupakan sektor yang kerannya belum dibuka oleh pemerintah.

Baca juga: Virus Corona Ancam Industri Penerbangan Dunia

Sektor Pariwisata Porak Poranda

Meski beberapa aktifitas lainnya dari sektor pariwisata telah mendapat restu dari pemerintah untuk dibuka, pada kenyataannya tetap saja masih sepi peminat, alias masih tinggi supply ketimbang demand.

Beberapa pertimbangan yang membuat ragu para penggiat traveling, diantaranya masih takut terhadap penularan virus Corona, atau jikapun sudah lebih realistis, masih akan merasa enggan dalam menjalankan prasyarat sesuai protokol saat berperjalanan, diantaranya mesti mengurus surat keterangan bebas Covid-19, alias lolos tes Swab yang notabene biayanya cukup lumayan.

Selain itu, saya mendengar langsung dari salah seorang manajemen sebuah hotel, bila Boss nya ditawari untuk mengakuisisi salah satu hotel bertema butik, padahal saat kondisi normal hotel tersebut merupakan salah satu hotel favorit.

Hotel lainnya, yang dikelola oleh salah satu operator hotel ternama, juga sedang ditawarkan untuk dijual, karena tidak adanya pemasukan, sementara beban operasional hotel terus membengkak, seperti untuk gaji karyawan, listrik, gas, telepon, maupun perawatan hotel.

Jelas, bisnis hotel menjadi salah satu yang paling terpukul ditengah pandemi Corona saat ini.   

Baca juga: Aston Bogor Hotel & Resort Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Pemerintah Siapkan Stimulus

Namun dalam upaya memfasilitasi para penggiat traveling, Kemenparekraf atau Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, akan terus mengedukasi dan meyakinkan masyarakat dalam memberi jaminan perjalanan wisata yang aman, baik saat berangkat, selama di lokasi wisata, maupun saat kembali, artinya berangkat sehat, pulang sehat.

kemenparekraf-godok-stimulus-untuk-diskon-besar-besaran

Selain itu, saat ini, pemerintah melalui Kemenparekraf sedang menggodok pemberian stimulus baik di sisi supply, yaitu melalui insentif pajak, maupun pinjaman talangan, maupun di sisi demand, berupa diskon besar-besaran paket wisata.

Untuk memuluskan hal tersebut, pemerintah dengan lintas kementerian, yakni Kemenparekraf, Kementerian BUMN, dan Kementerian Keuangan, terus membahas hal tersebut.

Bila dikupas satu sisi saja, misal dari pemilik hotel, bila mereka bisa dibebaskan dari pajak hotel yang sebesar 21%, tentu mereka akan berani menurunkan rate hotelnya, meskipun saat ini, bila kita tengok di OTA, rata-rata sudah menurunkan tarifnya, alias sudah mulai memberikan diskon.

Dengan stimulus tersebut, jika saja pemerintah berani, maka bisnis hotel secara perlahan akan bangkit kembali, baik untuk membiayai operasional hotel seperti listrik, gas, telepon, maupun untuk menggaji karyawannya, dan berapa banyak keluarga yang bisa bernafas lega kembali.

Baca juga: Lebaran 2020 Siap-Siap Tidak Ada Mudik

***

Penutup

Nah, untuk Anda para traveler, bersiap-siap saja, menyusun strategi untuk bisa mendapatkan paket wisata murah.

Siapa tahu, penyiapan vaksin yang saat ini terus digenjot pemerintah dapat menjadi momentum bagi Anda untuk segera bertualang kembali setelah jenuh bergelut dengan Covid-19.

Yang pasti, bila Anda seorang traveler, akan merindukan paket liburan murah, alias paket tour murah bin wisata murah.(ti-id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.