Menyiasati Dollar Tinggi Agar Liburan Keluar Negeri Tetap Jalan

Dari jauh hari Anda sudah membeli tiket pesawat yang Anda rencanakan untuk liburan ke luar negeri bersama keluarga, bahkan mungkin tiket tersebut sudah Anda dapatkan sejak dari setahun yang lalu, dan saat ini Anda tinggal mempersiapkan diri untuk keberangkatan travelling ke luar negeri.

AirAsia, dan Garuda adalah maskapai yang dikenal sering mengadakan promo jauh hari untuk keberangkatan mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun ke depan. 

Untuk tiket Garuda Promo biasanya bisa Anda dapatkan di pameran-pameran tertentu yang digelar setiap tahun, sedangkan untuk tiket Air Asia Promo bisa Anda dapatkan di website AirAsia, asalkan Anda sering mengakses website AirAsia agar tidak ketinggalan promo air asia.

Baca juga: Lokasi Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta

Tiket pesawat sudah ada, lalu bagaimana dengan paket wisata luar negerinya? Ada tiga komponen dalam keberlangsungan sebuah perjalanan wisata, yaitu tiket pesawat atau penerbangan, lalu akomodasi atau hotel, dan tempat wisata yang akan dikunjungi. Ketiga komponen tersebut, bisa dijual dalam satu paket, atau dipecah-pecah, atau masing-masing.

Berarti “PR” Anda saat ini adalah menyiapkan hotel dan tempat wisata. Namun masalahnya, saat ini, jika Anda menyimak berita-berita beberapa hari belakangan ini, Anda mestinya tahu jika saat ini badai Dollar AS (USD) sedang menghantam Rupiah (IDR).

dollar tinge rupiah less

Walhasil, sudah dipastikan ongkos pun akan jadi membengkak. Memang sih, liburan Anda masih sekitaran negara ASEAN, liburan ke Singapura, liburan ke Malaysia, atau liburan ke Bangkok.

Jika masih bisa diundur jadwal keberangkatannya, baiknya diundur saja, namun masalah lainnya, jadwal keberangkatan sudah deadline alias sudah tidak bisa pindah jadwal lagi, artinya mau tidak mau Anda harus berangkat dari pada tiket hangus.

Baca juga: Jetstar Tawarkan Kemudahan bagi Traveler dengan FlexiBiz

Masalah berikutnya, Anda tidak sedang berangkat berlibur bersama teman-teman Anda, yang bebannya hanya untuk Anda seorang, melainkan bersama pasangan dan anak-anak Anda, alias sekeluarga, sehingga bebannya benar-benar menumpuk, dan Anda merasakan beban tersebut.

Nah, berikut ini adalah cara menyiasati agar liburan Anda sekeluarga keluar negeri tetap berjalan di tengah menguatnya mata uang Dollar Amerika Serikat terhadap mata uang Rupiah.

Tukar mata uang negara tujuan di Indonesia

Sebelum berangkat, tukarkan mata uang negara yang akan Anda tuju sejak masih di Indonesia. Secara regional, nilai mata uang Rupiah cenderung paling lemah terhadap Dollar dibanding mata uang negara lain di kawasan ASEAN.

Hal ini artinya, Anda mesti menukarkan mata uang negara yang akan Anda tuju dengan Rupiah Anda disini, di Indonesia, agar Rupiah yang Anda miliki masih ada harganya. Terkadang menukarkan Rupiah saat kita ada di negara yang kita tuju cukup menyesakkan dada. 

Untuk berjaga-jaga, membawa Rupiah ke negara yang dituju pun tidak ada salahnya.

Pilih hotel murah namun strategis

Di tengah kondisi seperti saat ini, maka pilihlah hotel yang murah. Namun tetap memilih hotel yang menyediakan menu sarapan pagi.

Memilih hotel yang murah namun di berada lokasi yang strategis adalah prioritas. Akan tetapi, jika yang strategis itu masih sedikit lebih mahal dibanding yang murah tapi tidak di lokasi yang strategis, tentu menjadi pilihan kedua.

Pasalnya, jika hotel berada di lokasi yang strategis, maka untuk kesana kemari, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya perjalanan, entah taksi atau transportasi lainnya.

Baca juga: Beli Tiket Online Pastikan Untuk Check-In

Pilih tempat liburan yang murah

Dalam memilih tempat wisata di negara yang Anda tuju, pilihlah yang memang murah. Sedikit lebih mahal namun jika obyek wisata tersebut berada dalam satu kawasan tentu masih lebih baik dibanding murah namun obyek wisatanya terpisah-pisah lokasinya. 

Anda bisa mencari tiket obyek wisata yang ingin Anda kunjungi dari sini, mungkin saja ada tiket promo.

Beberapa tiket obyek wisata luar negeri ada yang dapat Anda beli disini, sehingga selain kepastian harga, Anda pun tidak perlu mengantri lagi saat Anda tiba di lokasi obyek wisata di negara yang Anda tuju.

Tidak belanja kecuali sekedar oleh-oleh

Alangkah bijak, jika Anda tidak berbelanja kecuali sekedar membeli oleh-oleh yang menjadi ciri khas negara yang Anda tuju.

Akan menjadi bijak juga jika Anda menjadi smart buyer, alias mencari buah tangan yang sedang ada promo, discount, dengan tidak mengurangi mutu atau kualitasnya.

Godaan untuk berbelanja terkadang datang saat Anda mendapati barang yang memang salah satu merk favorit Anda, dan ditawarkan dengan discount yang besarnya tidak pernah Anda temui sebelumnya disini.  

Baca juga: Pura Lempuyang, Wisata Bali Terbaru

Nah, itu semua adalah cara untuk menyiasati agar wisata Anda ke negara tetangga tetap berjalan meskipun ditengah himpitan melemahnya nilai mata uang negara kita terhadap Dollar AS.

Jika Anda sudah menemukan kombinasi antara hotel yang Anda pilih dan obyek wisata yang akan Anda tuju, maka selanjutnya Anda dapat membandingkan dengan paket tour luar negeri, atau misal paket wisata Singapore di jual oleh biro perjalanan yang ada di kota Anda.

Anda akan melihat mana yang lebih pas di kantong Anda sebelum hari keberangkatan, itulah yang Anda transaksikan.(ti-id)

0 thoughts on “Menyiasati Dollar Tinggi Agar Liburan Keluar Negeri Tetap Jalan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.