Beli Tiket Online Pastikan Untuk Check In

Saat ini membeli tiket pesawat bukan lagi hal yang sulit.

Bahkan Anda sudah tidak perlu menghubungi Biro atau Travel hanya untuk membeli tiket pesawat.

Berbeda dengan beberapa dekade ke belakang, dimana untuk mendapatkan tiket penerbangan harus di order ke biro atau travel.

Kemudahan seiring kemajuan zaman untuk membeli tiket pesawat bisa Anda dapatkan hanya berbekal smartphone atau gadget.

Terkadang, liburan bisa terwujud tanpa rencana berawal dari iseng-iseng melihat jadwal penerbangan.

Secara kebetulan menemukan tiket penerbangan murah, maka kitapun dari jauh hari sudah dapat langsung melakukan booking seat.

Baca juga: 5 Tips Membuat Perjalanan Yang Nyaman

Cari Tiket Mudah

Jangan salah, mencari tiket penerbangan murah merangsang adrenalin kita seperti sedang mencari harta karun.

Pasalnya, dengan beragam aplikasi pencarian tiket pesawat secara online, sebut saja Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket, Nusatrip, Airyrooms, Skyscanner, Wego.

Atau, Kayak, Blibli, Agoda, Booking, maka mencari tiket murah untuk waktu kapanpun menjadi sangat mudah, karena kita bisa membandingkan harga satu sama lain.

Belum lagi jika kita membandingkan dengan harga yang dirilis oleh pihak maskapai melalui aplikasi yang mereka hadirkan.

Jika Anda sudah mendapatkan tiket penerbangan yang sudah memenuhi kriteria Anda, misal ya murah itu tadi, maka sebisa mungkin untuk mencoba melakukan check-in online.

Jika bisa, berarti memang waktunya sudah bisa untuk melakukan check-in online, namun jika tidak bisa, maka Anda harus melakukannya mendekati hari keberangkatan.

Mengapa saya sampaikan demikian?

Sebabnya, saya sekeluarga pernah nyaris tidak jadi berangkat liburan ke Bali, hanya karena belum melakukan check-online.

Hal itu memaksa saya untuk ganti pesawat dan beli tiket lagi untuk demi tetap berangkat berlibur bersama anak-anak.

Check In Online Saja

Sedikit bercerita…

Kami sudah booking pesawat jauh hari tujuan Denpasar, yaitu sekitar 5 minggu sebelum keberangkatan, melalui Traveloka.

Waktu itu, Kami mendapatkan maskapai Citilink dengan harga yang relatif murah dan waktu keberangkatan yang lebih awal.

Kami pilih keberangkatan (waktu take off) pukul 04.55 WIB. Pada hari H, kamipun berangkat pukul 02.00 WIB, dengan prediksi waktu perjalanan 1,5 jam ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Tidak seperti perjalanan-perjalanan sebelumnya, kali ini kami mengalami kendala dalam perjalanan ke bandara, dikarenakan adanya kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan di jalan tol.

Kami pun sempat keluar masuk tol, karena kembali menemukan titik kemacetan di jalan tol.

Baca juga: Jetstar Tawarkan Kemudahan bagi Traveler dengan FlexiBiz

online check-inSingkat cerita, setelah kami tiba di bandara dan menginapkan kendaraan pada pukul 03.30 WIB, kami mulai mengantre di counter check-in.

Waktu itu pukul 04.10 WIB, hingga 15 menit menunggu antrean, saya pun maju ke meja counter check-in, dan menanyakan langsung apakah masih bisa boarding.

Dijawab oleh petugas, bisa. Seraya petugas tersebut bertanya kepada saya, apakah sudah check-in.

Namun karena kesibukan dan hingga batas akhir kami lupa belum melakukan check-in, saya pun menjawab bahwa kami belum check-in.

Atas jawaban kami, petugas pun langsung menjelaskan bahwa jika demikian, maka kami tidak dapat ikut boarding.

Alasannya karena belum melakukan check-in, sementara waktu untuk check-in telah ditutup, apakah memang seperti itu kondisi sebenarnya yang dijadikan alasan atau bukan, entahlah.

Saya kemudian diarahkan ke bagian Customer Service Citilink untuk mendapatkan kebijakan, dan tanpa berpikir panjang saya pun bergegas sesuai yang diarahkan.

Namun petugas yang melayani dengan muka datar itu pun tidak bisa berbuat banyak sembari mengatakan bahwa tidak ada kebijakan.

Dan saya pun lemas…

Kemudahan dan Keberuntungan

Ditengah kecamuk pikiran yang bercampur aduk, saya hampiri istri dan anak-anak, dengan berat saya mengatakan bahwa kita gagal berangkat.

Anak kedua kami yang berusia 5 tahun dan sudah antusias ingin naik pesawat, menjadi uring-uringan ditengah kantuk yang menyerangnya sambil terus menanyakan kapan naik pesawatnya.

Saya pun lantas mencoba mencari-cari tiket penerbangan lainnya secara online via gadget, dengan harapan masih mendapatkan penerbangan pada jam yang masih berdekatan.

Pikiran saya waktu itu, gagal berangkat sama sekali dengan kerugian tiket pesawat ditambah akomodasi dan hotel selama di Bali atau kerugian beli tiket lagi, pilihan yang cukup menyesakkan.

Baca juga: Lokasi Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta

Namun ternyata, harta karun itu pun masih tersedia, ditengah-tengah keterbatasan waktu untuk mendapatkannya, dan ditengah kendala yang ada, namun transaksipun tetap terjadi.

Dan Alhamdulillah, kami pun berangkat ke berlibur ke Bali dan kembali lagi ke Jakarta dengan selamat.

Pelajaran berharganya setelah kejadian itu, pada setiap keberangkatan maka kita harus upayakan untuk melakukan check-in online terlebih dahulu.

Meskipun ada juga maskapai yang tidak dapat melakukan check-in online karena dalam daftar check-in nya terdapat anak kategori balita yang perlu di konfirmasi langsung.

Pilihan lainnya, ya tiba di bandara jauh lebih cepat dari batas wajarnya.(ti-id)