Apa Itu OTA? Ini Jawabannya

Apa itu OTA? OTA yang ini bukan Over The Air, tapi yang lainnya. Lho, memang apa maksudnya? Memangnya ada lagi OTA selain Over The Air? Mau tahu yah OTA yang dimaksud dalam artikel ini? Nih, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian OTA

OTA adalah Online Travel Agency, atau Agen Perjalanan Online. Bila Anda sering menonton TV, Anda pasti pernah melihat iklan OTA berseliweran. Pasti pernah lihat iklan Traveloka, Pegipegi, Agoda di TV kan?

Agen perjalanan online, atau OTA, adalah sebuah layanan online berbasis web atau situs, yang menjual produk terkait perjalanan ke pelanggan. Produk-produk ini dapat mencakup hotel, penerbangan, paket perjalanan, kegiatan atau wana wisata, dan penyewaan mobil.

OTA adalah pihak ketiga, menjual kembali layanan ini atas nama perusahaan lain, termasuk yang ada di industri perhotelan dan penerbangan.

Biasanya, OTA akan menawarkan banyak manfaat menggunakan agen perjalanan offline, dengan tambahan kenyamanan dan lebih banyak pendekatan layanan mandiri. Mereka juga akan menyertakan sistem pemesanan secara cepat yang terintegrasi secara eksternal mencakup pelanggan, OTA, dan penyedia produk.

Nah, jadi tahu kan sekarang? Iya, bila Anda ingin menginap di hotel, sekarang Anda tidak perlu repot-repot mendatangi hotelnya, cukup memesannya secara online.

OTA yang umumnya digunakan di Indonesia atau Kawasan Asia

Indonesia merupakan market yang besar untuk penjualan produk, apapun itu, tidak terkecuali produk pariwisata.

Masyarakat Indonesia dikenal gemar berwisata, baik secara domestik maupun internasional. Bila Anda berkesempatan liburan ke Singapura, Thailand, Korea, Jepang, Turki, dan negara-negara yang memiliki lokasi tujuan wisata dunia, dijamin pasti akan bertemu orang yang berasal dari Indonesia.

Dengan penduduk yang berjumlah tidak kurang dari 200 juta jiwa, tentu Indonesia adalah pasar yang menggiurkan bagi para “pemain” OTA.

Dibawah ini adalah beberapa Online Travel Agency yang beroperasi di Indonesia, atau dengan sengaja memilih pasar Indonesia untuk menjual produk-produknya.

Traveloka

ota-traveloka

Traveloka adalah perusahaan perjalanan daring Asia Tenggara terkemuka yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan dalam satu platform, memungkinkan pelanggan untuk membuat momen bersama orang yang mereka cintai.

OTA Traveloka menjadi salah satu pemain besar di Indonesia, yang menawarkan penerbangan, hotel, kereta, paket penerbangan+hotel, atraksi & kegiatan, produk konektivitas, transportasi bandara, dan bus.

Perusahaan ini telah membangun kemitraan dengan lebih dari 100 maskapai domestik dan internasional, melayani lebih dari 200.000 rute di seluruh dunia.

Ini juga memiliki inventaris akomodasi langsung terbesar, bervariasi dari hotel, apartemen, wisma, homestay, hingga vila dan resor.

Traveloka menyediakan lebih dari 40 opsi pembayaran untuk pelanggan di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina, dengan bantuan 24 sehari dan 7 hari seminggu menggunakan bahasa lokal setempat.

Aplikasi seluler Traveloka telah diunduh lebih dari 30 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan paling populer di wilayah ini.

Klik disini untuk mulai mencari hotel pilihan Anda di Traveloka.

Pegipegi

ota-pegipegi

Diresmikan pada 7 Mei 2012, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat itu, Mari Elka Pangestu, Pegipegi menyediakan layanan reservasi online terbaik untuk pelancong Indonesia.

Pegipegi berkomitmen untuk menjadi mitra perjalanan Anda yang menyenangkan dengan menginspirasi dan memberi tahu Anda tentang tujuan perjalanan menarik dari media sosial, situs web, dan aplikasi seluler kami.

Saat ini Pegipegi terhubung dengan lebih dari 25.000 rute penerbangan, lebih dari 25.000 pilihan hotel, serta lebih dari 2.800 rute kereta api dan Kereta Bandara (Railink) yang dapat Anda pesan dari web Pegipegi maupun dari Apps di smartphone Anda.

Nikmati pemesanan yang mudah dengan berbagai promo dan metode pembayaran, dari transfer bank, kartu kredit, hingga metode cicilan. Customer service Pegipegi siap membantu pelanggan dan bekerja secara profesional untuk memberikan kepuasaan saat melakukan pemesanan.

Klik disini untuk mulai mencari hotel pilihan Anda di Pegipegi.

Agoda

ota-agoda

Agoda adalah layanan pemesanan akomodasi global yang berbasis di Singapura. Seperti beberapa OTA lainnya, Agoda merupakan perusahaan induk di balik Booking.com.

Jaringan Agoda memberi pilihan kepada pelanggan lebih dari satu juta pilihan hotel, dengan fokus untuk memperkuat pasar Asia.

Namun, meski demikian, Agoda juga menargetkan pasar Eropa dan Amerika. Dalam hal pendekatannya terhadap pemasaran, perusahaan menekankan pada penyediaan akomodasi murah atau diskon bagi pelanggan.

Klik di sini untuk mulai mencari hotel pilihan Anda di Agoda.com.

Booking

ota-booking

Booking.com adalah sebuah OTA yang dimiliki oleh perusahaan yang sama dengan Priceline, dan merupakan salah satu agen perjalanan online tertua, didirikan pada tahun 1996. Bisnis ini berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, dan situs web ini memiliki daftar yang mencakup hampir 200 negara di seluruh dunia.

Seperti banyak OTA di pasar, Booking OTA juga menawarkan pengguna kemampuan untuk memesan hotel, motel, rumah liburan, dan jenis akomodasi serupa lainnya, sementara juga berfungsi sebagai layanan agregasi tarif perjalanan.

Klik di sini untuk mulai mencari hotel pilihan Anda di Booking.com.

OTA yang umumnya digunakan di Luar kawasan Asia/Indonesia

Masih membahas apa itu OTA? Kali ini kita akan membahas tentang Online Travel Agent yang berkibar diluar negeri. Mungkin Anda pernah mendengarnya, dan bahkan pernah menggunakan jasanya saat Anda mencari hostel OTA saat ingin berlibur ke Eropa.

Expedia

ota-expedia

Expedia adalah layanan pemesanan perjalanan online, yang dioperasikan oleh Grup Expedia, dan memiliki sejumlah anak perusahaan, yang berbasis di Bellevue, Washington, Amerika Serikat, dan telah ada sejak tahun 2001.

Expedia, merupakan salah satu perusahaan perjalanan terlaris di dunia dan telah melokalkan situs di 40 negara. Pelanggan dapat memesan hotel, rumah liburan, B&B, penerbangan, sewa mobil, kegiatan, dan layanan perjalanan lainnya. Expedia menyasar pada akomodasi yang murah dan terjangkau bagi para pelanggan.

Klik di sini untuk mulai mencari hotel pilihan Anda di Expedia.

LateRooms

ota-laterooms

LateRooms.com adalah platform reservasi khusus hotel yang berbasis di Manchester, Inggris. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999, tetapi hingga tahun 2002 belum menyediakan pemesanan hotel secara online.

Bila Anda mencari hotel di detik-detik terakhir, Sebagai platform, LateRooms.com menempatkan penekanan yang jelas pada menarik pelanggan yang mencari penawaran menit terakhir untuk menginap semalam, termasuk pemesanan untuk hari yang sama.

Dalam banyak kasus, transaksi akhir ini dijual dengan diskon. Sebagai hasilnya, ini bisa menjadi pilihan yang solid untuk hotel-hotel yang cenderung memiliki kamar cadangan yang harus mereka isi.

Klik di sini untuk mulai mencari hotel pilihan Anda di LateRooms.com.

AirBnb

OTA-airbnb

AirBnb OTA adalah sebuah marketplace yang memungkinkan anggotanya untuk menawarkan penginapan, atau melakukan pemesanan menginap semalam. Penawarannya terutama terdiri dari menginap di rumah, meskipun merek telah bercabang dan sekarang juga mendaftar hotel.

Namun, AirBnb cenderung cukup ketat tentang hotel yang akan dibolehkan terdaftar di platformnya, karena mereka harus memenuhi kriteria tertentu. Biasanya, sebuah hotel perlu membuktikan bahwa ia memiliki karakteristik desain yang unik, bahwa kamar-kamarnya memiliki pengaruh lokal yang jelas, dan bahwa para tamu memiliki akses ke ruang bersama yang sama.

Klik di sini untuk mulai mencari hotel pilihan Anda di Airbnb.com

***

Penutup

Itulah penjelasan tentang apa itu OTA, yang Anda sudah ketahui sekarang. Tidak hanya apa itu OTA, tapi juga termasuk penjelasan dan penyedia OTA booking system dalam dunia travelling.

Yang perlu diingat, bahwa dalam pembahasan artikel diatas terdapat klasifikasi yang didasarkan atas penggunaan yang dilakukan secara umum di masing-masing belahan dunia, namun hal tersebut sebenarnya tidak menunjukkan bahwa salah satunya tidak bisa digunakan meskipun diluar kawasannya.

Sebagai contoh, LateRooms, meskipun didirikan di Manchester, Inggris, namun tidak menjamin bahwa LateRooms tidak bisa digunakan oleh pelanggan di Indonesia. Mengapa demikian?

Sejatinya, ketika sebuah produk dijual secara online, maka artinya adalah produk tersebut ter-ekspose dan dapat dijual lintas batas, lintas negara. Apalagi bila masing-masing penyedia tersebut juga melakukan kerja sama satu sama lain, atau memang berafiliasi satu sama lain, atau juga merupakan anak usahanya.

Jadi jelas yah, bahwa pemisahan diatas hanya didasarkan atas kebiasaan pelanggan untuk menggunakannya, termasuk saat mem-bom-bardir masyarakat di suatu kawasan melalui aksi “bakar” uang-nya lewat iklan tak henti-henti di televisi.(ti-id)

0 thoughts on “Apa Itu OTA? Ini Jawabannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.