5 Tips Membuat Perjalanan Yang Nyaman

Kenyamanan sebuah perjalanan dapat ditentukan dari seberapa matang rencana perjalanan itu disusun. Artikel ini mengulas tentang cara membuat perjalanan yang nyaman.

Karena perjalanan yang tanpa rencana justru akan menyusahkan Anda di lokasi tujuan perjalanan Anda.

Bagi Anda yang sering melakukan traveling tentu akan mudah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memulai perjalanan.

Namun bagi Anda yang jarang melakukan traveling, maka Anda perlu membuat daftar inventarisasi terhadap segala sesuatu yang mesti Anda persiapkan.

Berikut ini adalah 5 tips dalam merencanakan sebuah perjalanan yang nyaman.

#1. Tentukan keperluan perjalanan

Perjalanan dalam rangka tugas atau pekerjaan, tentu akan berbeda dengan perjalanan dalam rangka liburan.

Perjalanan dalam rangka pelaksanaan tugas, semisal menghadiri meeting atau seminar di luar kota, tentu memiliki keterbatasan dalam pemilihan waktu. Karena umumnya waktunya sudah terjadwal, dampaknya dalam memilih tiket pesawat pun akan sulit mendapatkan tiket promo.

Sementara perjalanan untuk keperluan liburan, tentu memiliki fleksibilitas dalam menentukan kapan waktunya, sehingga untuk akomodasi dapat disesuaikan dengan anggaran, bahkan memungkinkan untuk mendapatkan tiket pesawat promo.

Baca juga: Menyiasati Dollar Tinggi Agar Liburan Keluar Negeri Tetap Jalan

#2. Biasakan menyusun itinerary

rencana perjalananJika perjalanan Anda tidak menggunakan jasa tour guide dari biro perjalanan, maka Anda perlu menyusun secara detail rundown perjalanan Anda, atau biasa disebut dengan itinerary.

Dengan menggunakan jasa tour guide, maka biasanya kita dapat duduk manis menerima petunjuk dari tour guide untuk tiap-tiap lokasi yang akan dikunjungi sesuai itinerary yang ada.

Beda halnya jika perjalanan kita tanpa melibatkan jasa tour guide, karena dengan demikian, dimulai dari penyusunan itinerary sampai dengan pelaksanaan perjalanannya itu sendiri, maka Anda yang harus aktif mengaturnya.

Dengan menyusun itinerary, maka perjalanan Anda menjadi efisien dan efektif, baik dari sisi waktu, pengaturan transportasi, hingga barang bawaan yang akan diperlukan dan digunakan selama perjalanan yang membuat Anda nyaman.

#3. Pahami lokasi yang akan dikunjungi

Sebelum hari H keberangkatan, entah untuk keperluan perjalanan bisnis ataupun liburan, Anda semestinya sudah mempelajari lokasi yang akan Anda kunjungi.

Hal ini berguna agar Anda memiliki sedikit gambaran tentang arah dan tujuan dari dan ke lokasi yang akan Anda kunjungi, dan juga sebagai antisipasi manakala Anda tersesat atau kebingungan di lokasi tujuan Anda tersebut.

Bagi Anda yang membawa balita, tentu perlu memperhatikan keberadaan minimarket terdekat di lokasi tujuan perjalanan Anda, semisal ketika pampers balita Anda habis, atau manakala Anda ingin membeli sekedar camilan atau makanan ringan, maupun minuman.

Baca juga: Paspor Indonesia Kini Tembus 72 Negara Tanpa Perlu Visa

#4. Bawa barang hanya yang diperlukan

Kenyamanan dalam perjalanan juga ditentukan dari seberapa banyak dan seberapa digunakannya barang yang dibawa. Membawa barang yang kemudian tidak digunakan justru menjadi beban dalam perjalanan Anda.

Belum lagi jika perjalanan Anda menggunakan pesawat, sehingga barang yang tidak digunakan tersebut malah justru membebani batasan bagasi yang diperkenankan yang umumnya 20 kg per penumpang.

Pilihlah barang dibawa hanya barang yang akan Anda gunakan. Selain lebih simpel Anda pun tidak kerepotan saat membawanya.

#5. Bawa obat-obatan

Untuk Anda yang kerap sakit karena melakukan perjalanan, seperti mual, muntah, pusing, demam, sebaiknya Anda membawa obat-obatan pribadi.

Jika tujuan perjalanan Anda adalah luar negeri, yang harus dipahami mengapa Anda perlu membawa sendiri obat-obatan dari rumah, yaitu karena obat-obatan yang ada di luar negeri belum tentu sama dengan yang ada di dalam negeri.

Untuk mendapatkannya pun Anda mesti mencarinya sendiri, di tempat yang bahkan Anda belum tahu. Menyiapkan sendiri dan membawa obat-obatan pribadi tentu akan jauh lebih praktis.

Beda hal nya jika Anda melakukan perjalanan di dalam negeri, maka untuk hal ini sudah tidak perlu diulas lagi disini.

***

Demikian 5 tips bagaimana membuat perjalanan yang nyaman, semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel selanjutnya di blog Travelinfo.(ti-id)

Sumber gambar: etsy.com